Syarat Membuat Paspor Umroh 2024

Informasi seputar syarat membuat paspor umroh menjadi penting untuk diketahui, terlebih buat Anda yang ingin berangkat ke Tanah Suci. Adapun paspor umroh sendiri merupakan sebuah dokumen penting yang calon jamaah butuhkan agar bisa menunaikan umroh. Buat Anda yang belum tahu, berikut Kami sediakan informasi seputar paspor umroh mulai dari syarat membuat paspor umroh, langkah hingga biaya yang dibutuhkan.

Baca juga: Informasi umroh murah

syarat paspor umroh

Syarat Membuat Paspor Umroh

Adapun beberapa dokumen yang menjadi syarat pembuatan paspor umroh, di antaranya :

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  2. Kartu Keluarga (KK).
  3. Akta Kelahiran (bagi yang belum berusia 17 tahun)
  4. Ijazah pendidikan terakhir (bagi yang belum memiliki KTP)
  5. Dokumen berupa akta kelahiran, buku nikah, dan akta perkawinan.
  6. Surat pewarganegaraan Indonesia bagi orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia.

Langkah Membuat Paspor Umroh

Setelah mengetahui dokumen apa saja yang menjadi persyaratan, berikutnya ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dalam membuat paspor umroh. Di antaranya :

1. Pendaftaran Online dengan Aplikasi

Langkah pertama membuat paspor umroh yakni mendaftar secara online melalui aplikasi. Unduk apliikasi M-Paspor di handhone, kemudian buatlah akun baru. Pilih jenis permohonan “Paspor Baru” dengan kategori “Umroh”.

2. Melengkapi Data Diri

Jika akun baru sudah dibuat, selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran dengan menyertakan beberapa dokumen. Pastikan Anda mengisi data formulir tersebut dengan benar.

3. Melakukan Pembayaran

Lakukan pembayaran melalui bank yang sudah tersedia di aplikasi M-Paspor. Setelah pembayaran berhasil, akan muncul kode booking serta bukti pembayaran yang bisa Anda simpan.

4. Datang Menuju Kantor Imigrasi

Datang ke kantor imigrasi menjadi langkah selanjutnya dalam membuat paspor umroh. Siapkan dokumen asli yang sudah Anda upload sebelumnya, beserta dengan bukti pembayaran dan kode booking. Untuk menghindari antrian panjang, disarakan untuk Anda datang tepat waktu.

5. Pengambilan Paspor

Setelah semua proses selesai, Anda akan kembali dipanggil untuk mengambil paspor umroh yang selesai dicetak.

Biaya Pembuatan Paspor Umroh 2024

Besaran biaya untuk membuat paspor umroh 2024 terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  • Harga untuk paspor biaya (48 halaman) yakni sebesar Rp. 350.000
  • Sementara harga untuk paspor elektronik (48 halaman) sebesar Rp. 650.000

Sebagai catatan, harga tersebut belum termasuk dengan biaya percepatan layanan yang umumnya dikenakan Rp. 1.000.000. Adapun layanan percepatan merupakan layanan dimana Anda bisa mendapatkan paspor di hari yang sama dengan pengajuan.

Batas Waktu Penggunaan Paspor Umroh

Terdapat batas waktu maksimal atau masa berlaku penggunaan paspor umroh, yaitu paling sedikit 6 bulan sampai 10 tahun lamanya terhitung sejak Anda mendapatkan paspor

Paspor Umroh dan Paspor Biasa, Apakah Sama? 

Pada dasarnya, paspor umroh dan paspor umum adalah dua jenis paspor yang berbeda dari segi tujuan dan persyaratan. Jika paspor umroh Anda gunakan untuk perjalanan ke Tanah Suci, sementara paspor umum diperlukan untuk melakukan perjalanan internasional umum.

Sekian informasi seputar syarat membuat paspor umroh, beserta langkah-langkah dan biaya yang perlu Anda persiapkan. Tentunya informasi ini sangatlah berguna bagi Anda yang berencana pergi ke Tanah Suci tetapi belum mengetahui pembuatan paspor umroh. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *